Selasa, 21 Juni 2011

Al-Qur’an Dapat Meningkatkan IQ Anak


Ternyata Al-Qur’an dapat merangsang tingkat intelegensia (IQ) anak, yakni ketika bacaan ayat-ayat kitab suci itu diperdengarkan dekat mereka.
Dr. Nurhayati, seorang psikolog dari Malaysia mengemukakan hasil penelitiannya tentang pengaruh bacaan Al-Qur’an dapat meningkatkan IQ anak. Dikatakan bayi yang berusia 48 jam saja akan langsung memperlihatkan reaksi wajah ceria dan sikap yang lebih tenang.
Diketahui, dengan mendengarkan musik, detak jantung bayi menjadi teratur. Malah untuk orang dewasa akan menimbulkan rasa cinta. Sedangkan Al-Qur’an menimbulkan rasa cinta kepada Allah. Jadi, bila bacaan Al-Qur’an diperdengarkan kepada bayi, merupakan bekal bagi masa depannya sebagai muslim, dunia maupun akhirat.
Dalam musik terkandung komposisi not balok secara kompleks dan harmonis, yang secara psikologis merupakan jembatan otak kiri dan otak kanan, yang output-nya berupa peningkatan daya tangkap/konsentrasi. Ternyata Al-Qur’an pun demikian, malah lebih baik ketika diperdengarkan dengan tepat dan benar dalam artian sesuai tajwid dan mahraj, Al-Qur’an mampu merangsang syaraf-syaraf otak pada anak.
Selama dua tahun pertama anak mengalami ledakan terbesar dalam hal perkembangan otak dan hubungan antar sel(koneksi). Lalu setahun kemudian otak mempunyai lebih dari 300 trilyun koneksi, suatu kondisi yang susah terjadi pada usia dewasa, terlebih usia lanjut. Otak telah tumbuh jauh sebelum bayi lahir. Ia telah mulai bekerja yang hasilnya merupakan benih penginderaan berdasarkan prioritas. Umumnya pendengaran lebih dulu.
Dalam kaitan upaya meningkatkan pribadi muslim, seyogyanya bayi sudah diperdengarkan bacaan Al-Qur’an sejak dalam rahim. Jadi, bila ada anjuran kepada ibu-ibu hamil untuk rajin membaca Al-Qur’an menjelang bersalin. Makin baik dan benar bacaan itu, termasuk lagunya, makin baik hasilnya. Tujuannya memperkuat daya tangkap /konsentrasi otak bayi. Sehingga akan semakin mudahlah ia menghafal ayat-ayat Al-Qur’an beserta terjemahannya ketika sudah memasuki masa belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar