Kamis, 10 Maret 2011

11 Tips Belajar Efektif


Sebelumnya saya akan memberitahu apa sih belajar efektif itu. Belajar efektif adalah cara belajar yang dapat meraih tujuan yang ingin dicapai dari belajar itu sendiri. Misalnya seorang siswa belajar matematika dengan materi pemfaktoran, jika siswa tersebut dapat melakukan pemfaktoran dan mampu menjawab soal yang ada dengan baik maka cara belajar siswa tersebut dikatakan efektif.
Agar belajar menjadi efektif, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, antara lain:
1. Tumbuhkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah kehendak yang mendorong seseorang melakukan kegiatan belajar untuk mencapai suatu tujuan.
2. Buatlah jadwal pelajaran yang rutin dan teratur. Alangkah baiknya jika belajar sedikit-sedikit tapi dilakukan secara rutin dan teratur daripada belajar secara banyak-banyak tapi tidak teratur.
3. Siapkan fasilitas belajar seperti tempat belajar, alat tulis, buku catatan, buku latihan, dan buku pelajaran.
4. Kenali gaya belajar kita.
5. Berpikirlah positif. Yakinlah, kita mampu menyelesaikan semua pelajaran dengan baik. Jangan menyalahkan diri sendiri dan merasa bodoh. Perasaan tersebut justru akan menjadi beban dan mengganggu konsentrasi belajar.
6. Latih konsentrasi. Belajar tidak ditentukan lamanya waktu, tapi kualitas tingkat konsentrasi. Untuk melatih hal itu setiap hari biasakan 5-10 menit untuk belajar. Semakin lama tingkatkan durasi waktunya.
7. Kontinyu. Jangan belajar hanya saat akan menghadapi ujian. Biasakan belajar secara rutin. Sesuatu yang dibaca berulang-ulang pasti akan lebih mudah diingat.
8. Gunakan teknik-teknik menghafal. Misalnya, membuat singkatan dengan istilah yang mudah diingat. Model itu disebut jembatan keledai atau kaitkan konsep dengan gambar tertentu yang lebih mudah diingat.
9. Buat catatan singkat pada kertas kecil untuk memudahkan mengingat
10. Jaga stamina baik fisik atau psikis.
11. Berdoalah. Hakikatnya, hal itu melatih konsentrasi dan menumbuhkan keyakinan diri sebelum melakukan sesuatu.
Memang Bingung ya, kalau semua orang saling memberitahu apa yang harus kita kerjakan. Yang penting adalah utamakan prioritas dirimu sendiri. Karena biasanya kita menilai diri sendiri dari apa yang dirasakan, sedangkan orang lain hanya melihat dari apa yang telah kita hasilkan. Sementara apa yang bisa kita hasilkan hanya kita sendiri yang tahu. Begitu juga dengan Tips Belajar Efektif, pilih cara baik mana yang paling pas dengan kondisimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar