Sabtu, 19 Maret 2011

Tips Memilih Jajanan Sehat

Kebanyakan orang sangat tergoda dengan makanan yang berwarna mencolok atau bentuknya menarik, tapi ternyata makanan tersebut tidak aman. Di Indonesia pada umumnya setiap makanan dapat dengan leluasa beredar dan dijual. Produk-produk yang beredar tanpa harus terlebih dahulu melalui kontrol kualitas dan kesehatan.
Berikut beberapa tip aman memilih makanan sehat:
Amati warnanya
Amati apakah makanan tersebut berwarna mencolok atau jauh berbeda dari warna aslinya. Snack, kerupuk, mie, es krim yang berwarna terlalu mencolok ada kemungkinan telah ditambahi zat pewarna yang tidak aman.
Cicipi rasanya
Biasanya lidah cukup jeli untuk membedakan mana makanan yang aman atau tidak. Makanan yang tidak aman umumnya berasa tajam, misal sangat gurih, membuat lidah bergetar dan tenggorokan gatal.
Baui aromanya
Bau apek atau tengik pertanda makanan tersebut sudah rusak atau terkontaminasi oleh mikroorganisme.
Amati komposisinya
Bacalah dengan teliti adakah kandungan bahan-bahan makanan tambahan yang bahaya dan bisa merusak kesehatan.
Perhatikan kualitasnya
Perhatikan kualitas makanan, apakah masih segar atau sudah berjamur yang bisa menyebabkan keracunan. Makanan yang sudah berjamur menandakan proses tidak berjalan denagn baik atau sudah kadaluwarsa.
Terdaftar di BPOM
Bila hendak membeli makanan impor, usahakan produknya telah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), yang bisa dicermati dalam label yang tertera di kemasannya.

Sumber: Koran 0 Grup SOLOPOS Edisi Jum’at Legi, 4 Maret 2011 Halaman 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar