Kamis, 14 Agustus 2014

Laporan Praktikum Uji Amilum


UJI AMILUM


I.TUJUAN                 : Mengetahui kandungan amilum dalam makanan


II.DASAR TEORI    :

            Karbohidrat atau sakarida adalah segolongan besar senyawa organik yang tersusun hanya dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen. Bentuk molekul karbohidrat paling sederhana terdiri dari satu molekul gula sederhana. Banyak karbohidrat yang merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta bercabang-cabang. Karbohidrat merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga yang terdapat dalam tumbuhan dan daging hewan. Selain itu, karbohidrat juga menjadi komponen struktur penting pada makhluk hidup dalam bentuk serat (fiber), seperti selulosa, pektin, serta lignin.

Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh. Tubuh menggunakan karbohidrat seperti layaknya mesin mobil menggunakan bensin. Glukosa, karbohidrat yang paling sederhana mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa dan mengubahnya menjadi tenaga untuk menjalankan sel-sel tubuh. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh, berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh, dan pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak.
            Patiatauamilum (CAS# 9005-25-8) adalahkarbohidratkompleks yang tidaklarutdalamair, berwujudbubukputih, tawardantidakberbau.Patimerupakanbahanutama yang dihasilkanolehtumbuhanuntukmenyimpankelebihanglukosa (sebagaiprodukfotosintesis) dalamjangka panjang.Hewandanmanusiajugamenjadikanpatisebagaisumberenergi yang penting.Patitersusundariduamacamkarbohidrat, amilosadanamilopektin, dalamkomposisi yang berbeda-beda.Amilosamemberikansifatkeras (pera) sedangkanamilopektinmenyebabkansifatlengket.Amilosamemberikanwarnaungupekatpadatesiodinsedangkanamilopektintidak  bereaksi. Penjelasanuntukgejalainibelumpernahbisatuntasdijelaskan.
            LugolyodiumjugadikenalsebagaisolusiLugol, pertama kali dibuatpadatahun 1829,merupakansolusidariunsuriodiumdaniodidakaliumdalam air, yaitusetelahdokterPrancisJGALugol.LarutanyodiumLugolseringdigunakansebagaiantiseptikdandesinfektan, untuk desinfeksidarurat air minum, dansebagaireagenuntukdeteksipati di laboratoriumrutindantesmedis.Telahdigunakanlebihjaranguntukmengisikekuranganyodium.Namun, Iodidakaliummurni,mengandung ion iodidarelatifjinaktanpaunsuriodiumlebihtoksik, lebihdisukaiuntuktujuanini.SolusiLugolterdiridari 5 g yodium (I2) dan 10 g kaliumiodida (KI) dicampurdenganairsuling yang cukupuntukmembuatlarutancoklatdengan total volume 100 mL dankadar yodium total 150 mg / mL.Kaliumiodidamenerjemahkanyodium SD larutdalam air melalui pembentukantriiodida (I-3) ion.Hal initidakbolehdisamakandengantingtursolusiyodium, yang terdiridariunsur iodium, dangaramiodidadilarutkandalam air danalkohol.solusiLugolmengandungalkohol. NamalainuntuksolusiLugoladalah I2.


III. ALAT DAN BAHAN

1.      5 tabungreaksi + rak
2.      Pipet
3.      Lugol
4.      Larutan gula
5.      Larutan tahu
6.      Larutan kanji
7.      Larutan nasi
8.      Larutan putih telur


IV. LANGKAH KERJA

1.      Mempersiapkan alat dan bahan.
2.      Membersihkan tabung reaksi dan pipet.
3.      Menaruh 5 tabung reaksi pada raknya.
4.      Mengisi setiap tabung reaksi dengan larutan makanan berbeda sebanyak 1,5 cm.
5.      Menetesi masing-masing tabung dengan lugol sebanyak 3 tetes menggunakan pipet dan mengocoknya selama 30-60 detik hingga warnanya berubah.
6.      Mengamati perubahan warna yang terjadi.


V. TABEL HASIL PERCOBAAN

NO
LARUTAN
WARNA AWAL
WARNA AKHIR


1.
Air Gula
Bening kekuningan
Kuning kecoklatan bening

2.
Tahu
Putih susu
Kuning

3.
Kanji
Putih bening
Biru Tua

4.
Nasi
Putih
Biru Tua

5.
Putih Telur
Putih susu
Putih



VI. ANALISA DATA

Berdasarkantable hasilpercobaan di atas,
1. Air gula yang semula berwarna bening kekuningan setelah ditetesil ugol ,warnanya berubahmenjadikuningkecoklatanbening .
2.      Larutantahuyang semulaberwarnaputihsususetelahditetesilugol ,warnanyaberubahmenjadikuning .
3.      Larutan kanji yang semulaberwarnaputihbeningsetelahditetesilugolwarnanyaberubahmenjadibirutua.
4.      Larutannasi yang semulaberwarnaputihsetelahditetesilugolwarnanyaberubahmenjadibirutua.
5.      Larutanputihteluryang semulaberwaranaputihsususetelahditetesilugolwarnanyaberubahmenjadiputih.


VII. KESIMPULAN

Jikalarutanmakananditetesidenganlarutanlugolwarnanyaberubahmenjadibiruhinggabirukehitamanmakalarutanmakanantersebutmengandungamilum.
Berdasarkan hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa:
Ø    Kanji dan nasi mengandung banyak amilum.
Ø    Gula, tahu dan putih telur tidak mengandung amilum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar