Sabtu, 30 Agustus 2014

Laporan Praktikum Uji Vitamin C


UJI VITAMIN C


I. TUJUAN                 : Mengetahui kandungan vitamin C dalam makanan

II. DASAR TEORI    :
Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Makanan yang mengandung vitamin C umumnya adalah buah-buahan dan sayuran. Buah yang mengandung vitamin C tidak selalu berwarna kuning, misalnya pada jambu biji yang merupakan buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi yang dapat kita konsumsi. Bahkan, pada beberapa buah, kulitnya mengandung vitamin C lebih tinggi daripada buahnya. Misalnya pada kulit buah apel dan jeruk walaupun tidak semua kulit buah bisa dimakan.

III. ALAT & BAHAN:
1.      3 Tabung Reaksi
2.      Pipet
3.      Larutan Vitamin C tablet 500mg
4.      Air buah jeruk
5.      Air daun pepaya
6.      Amilum Iodida

IV. LANGKAH KERJA

1.      Mempersiapkan alat dan bahan.
2.      Membersihkan tabung reaksi dan pipet.
3.   Memasukkan Amilum Iodida ke dalam tabung reaksi sebanyak 1 ml = 19 tetes (tergantung pipet).
4.      Memasukkan 19 tetes Amilum Iodida ke dalam  tabung reaksi.
5.      Meneteskan larutan vitamin C tablet 500 mg ke dalam tabung reaksi yang sudah diberi Amilum Iodida tersebut setetes demi setetes dan di aduk-aduk.
6.      Mengamati perubahan warna yang terjadi.
7.      Mengulangi langkah 4-6, hanya pada langkah 5 berbeda bukan memasukkan vitamin C tetapi memasukkan air buah jeruk dan air daun pepaya.
8.      Mencatat jumlah tetesan yang diperlukan ke dalam tabel hasil pengamatan.

V. TABEL HASIL PENGAMATAN

No
Bahan
Warna Awal
Warna Akhir
LarutanMakanan yang dibutuhkan
1.
Larutan Vit.C Tablet 500mg
Kuning
Bening
4 tetes
2.
Air Buah Jeruk
Kuning
Bening
3 tetes
3.
Air Daun Pepaya
Hijau
Hijau Bening
1 tetes








VI. ANALISA DATA

1 ml = 19 tetes1 ml vitamin C 0,1% =  0,2 mg vitamin C ,1 ml amilum iodida dihilangkan warnanya oleh 4 tetes vitamin C 0,1%    ml vitamin C.Jadi,  ml vitamin C 0,1% mengandung 0,2 mg vitamin C.
1 ml amilum iodida dihilangkan warnanya oleh  ml sari buah,  ml sari buah equivalen dengan 0,2 mg vitamin C 0,1%.Jadi, 1 ml sari buah air jeruk = 1,3 mg vitamin C.
1 ml amilum iodida dihilangkan warnanya oleh  ml air daun pepaya.  ml air daun pepaya equivalen dengan 0,2 mg vitamin C 0,1%.Jadi, 1 ml air daun pepaya = 4 mg vitamin C 0,1%.


VII. KESIMPULAN
           
            Dari tabel hasil pengamatan kandungan vitamin C pada air buah jeruk dan air daun pepaya didapat kesimpulan bahwa semakin sedikit larutan makanan yang ditambahkan untuk membeningkan Amilum Iodida maka semakin tinggi vitamin C yang terkandung pada larutan makanan tersebut.

1 komentar: