Minggu, 25 September 2011

Ciri Sikap Setia

Salah satu pertanyaan dari soal Budi Pekerti " Apakah ciri-ciri sikap setia?"

#Penilaian yang Benar
Seorang yang setia tahu apa yang penting dan yang tidak penting di dalam hidup. Seorang yang setia tahu cara menginvestasikan hidupnya.
Seorang yang setia membuat hidupnya berarti.
Seorang yang setia tahu dampak/manfaat yang baik sejak awal.

#Peduli Akan Orang Lain
Apakah kita hanya memperhatikan diri kita atau orang lain juga? Seorang yang setia sering memperhatikan orang lain hanya bukan diri mereka.

#Memiliki Integritas

Integritas berarti tidak bercela ( meski tak ada manusia yang sempurna)minimal berusaha melakukan hal yang lebih baik. Dengan kata lain, salah satu tanda kesetiaan adalah kesaksian apa yang saya sampaikan kepada orang yang belum percaya mengenai diri saya? Hal ini bukan mengenai apa yang dipikirkan orang percaya mengenai saya tetapi apa yang dipikirkan orang tidak percaya mengenai saya? misal dalam komunitas memiliki sebuah reputasi yang bagus. Tidak dengan orang percaya tetapi dengan orang tidak percaya. Kita telah melihat bahwa ketika seseorang di dalam pelayanan memiliki sebuah reputasi yang buruk di kalangan orang tidak percaya, maka berita tersebut akan menyebar dengan cepat.

#SETIA pada kata-kata atau janjinya
Seorang yang setia adalah orang yang setia pada janjinya. Bagi anak-anak, ketika menyangkut dengan janji, pikiran mereka seperti gajah. Mereka tidak akan pernah lupa. Kita harus berhati-hati dengan janji kita kepada anak-anak kita.

#Berkomitmen dan tanggung jawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar