Minggu, 25 September 2011

Reformasi Indonesia

Reformasi secara umum berarti perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada pada suatu masa.
Di Indonesia, kata Reformasi umumnya merujuk kepada gerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang menjatuhkan kekuasaan presiden Soeharto atau era setelah Orde Baru

Pemilihan Umum (pemilu) yang dilangsungkan tanggal 7 Juni 1999 lalu adalah tonggak penting dalam upaya Bangsa Indonesia melepaskan diri dari belenggu otoritarian dan menumbuhkan masyarakat madani yang demokratis. Peristiwa ini merupakan perwujudan dari semangat Reformasi !!! yang dipekikkan mahasiswa Indonesia di awal dan pertengahan tahun 1998.
Beranda warta (Web-page) ini berisikan beberapa garis-waktu (time-line) yang menggambarkan peristiwa - peristiwa penting dalam gelombang Reformasi !!! Garis waktu pertama berisi berita tentang krisis ekonomi parah yang melanda Indonesia, dilanjutkan dengan demonstrasi mahasiswa di seantero negeri melawan rejim yang telah berkuasa sedemikian lama, diikuti dengan berbagai laporan tentang tragedi Trisakti dan kerusuhan besar di Jakarta, sampai akhirnya pada 21 Mei 1998 Soehartomengundurkan diri dari jabatan Presiden RI yang sudah dipegangnya selama 32 tahun.

Garis-garis kedua menelusuri perubahan politik, sosial dan ekonomi di Indonesia sejak saat pengunduran diri Soeharto sampai pada masa Pemilu 1999. Di dalam ini, Anda bisa simak berbagai langkah dalam perwujudan demokrasi di Indonesia, seperti: bermacam kebijakan pemerintahan BJ Habibie yang membuka kebebasan dan pembaruan, dan berbagai ekspresi masyarakat yang disuarakan secara bebas tentang masalah-masalah demokrasi ini, seperti keinginan kuat untuk membentuk pemerintahan demokratis lewat pemilihan umum, menghabisi KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme), dan menyudahi kekuasaan negara yang menyengsarakan rakyat banyak.
Disamping garis-waktu yang menonjolkan peristiwa-peristiwa penting sejak pertengahan 1997, situs ini juga memberikan kesempatan pada Anda untuk mengunjungi sumber berita dan analisa di Internet tentang Indonesia dan perubahan politik, ekonomi dan sosial yang sedang dialaminya. Tentang pemilihan umum misalnya, silakan kunjungi Komisi Pemilihan Umum yang menyelenggarakan perhelatan besar ini dimana Anda bisa melihat hasil perolehan suara untuk masing-masing partai yang mengikuti "pesta demokrasi' ini. Untuk berita sekitar pemilu, silakan ke bagian Laporan khusus dari Kompas Online.

http://www.seasite.niu.edu/indonesian/Reformasi/reformasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar