Rabu, 14 September 2011

Wasiat kepada Nabi SAW dan Ibrahin bin Adham

Wasiat kepada Nabi SAW dan Ibrahin bin Adham
Dari Nabi saw. bersabda yang artinya, “Pada waktu malam saya di-isra-kan sampai ke langit, Allah swt telah memberikan lima wasiat, diantaranya adalah
• Janganlah engkau gantungkan hatimu kepada dunia karena sesungguhnya Aku tidak menjadikan dunia ini untuk engkau
• Jadikan cintamu kepada-Ku sebab tempat kembalimu adalah kepada-Ku
• Bersungguh-sungguhlah engkau mencari surga
• Putuskan harapan dari makhluk karena sesungguhnya mereka itu sedikit pun tidak ada kuasa di tangan mereka
• Rajinlah mengerjakan salat tahajud karena sesungguhnya pertolongan itu beserta qiamul lail.”

Ibrahim bin Adham berkata, “Telah datang kepadaku
beberapa orang tamu, dan saya tahu mereka itu adalah wakil guru tariqat. Saya berkata kepada mereka, ‘berikanlah nasihat yang berguna kepada saya sehingga membuat saya takut kepada Allah swt.’ Lalu mereka berkata, ‘ Kami wasiatkan kepada kanu tujuh perkara, yaitu
• Orang yang banyak berbicara janganlah kamu harapkan kesadaran hatinya.
• Orang yang banyak makan janganlah kamu harapkan kata-kata hikmah darinya.
• Orang yang banyak bergaul dengan manusia janganlah kamu harapkan kemanisan ibadahnya.
• Orang yang cinta pada dunia janganlah kamu harapkan khusnul khatimahnya.
• Orang yang bodoh janganlah kamu harapkan akan hidup hatinya.
• Orang yang memilih berkawan dengan orang yang zalim janganlah kamu harapkan kelurusan agamanya.
• Orang yang mencari keridaan manusia janganlah kamu harapkan akan keridaan Allah daripadanya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar