Rabu, 14 September 2011

K.H. Ahmad Dahlan

K.H. Ahmad Dahlan lahir di Yogyakarta pada tanggal 1 Agustus 1868. Ia meninggal di Yogyakarta pada tanggal 23 Februari 1923 dalam usia 54 tahun. Ia adalah putra K.H. Abu Bakar, seorang ulama dan khatib terkemuka di Masjid Besar Kasultanan Yogyakarta. Ibunya adalah putri dari H. Ibrahim yang juga menjabat penghulu Kasultanan Yogyakarta pada masa itu.
Nama kecilnya adalah Muhammad Darwisy. Pada umur 15 tahun, ia pergi haji dan tinggal di Mekah selama lima tahun. Pada periode ini, Muhammad Darwisy mulai berinteraksi dengan pemikiran-pemikiran pembaru dalam islam, seperti Muhammad Abduh, Jamaluddin al-Afgani, Rasyid Rida dan Ibnu Taimiyah. Ketika pulang kembali ke kampungnya tahun 1888, ia berganti nama menjadi Ahmad Dahlan.
Pada tahun 1912, Ahmad Dahlan pun mendirikan organisasi Muhammadiyah. Melalui organisasi tersebut, ia mengajak umat Islam Indonesia untuk kembali hidup menurut tuntunan Al-Qur’an dan hadist. Perkumpulan ini berdiri bertepatan pada tanggal 18 November 1912. Atas jasa-jasanya,Ahmad Dahlan diangkat sebagai pahlawan nasional dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 657 Tahun 1961.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar