Rabu, 14 September 2011

Taubatnya Pengemis Yahudi Buta

Di sudut pasar kota Madinah Al-Munawaroh terdapat seorang pengemis yahudi buta. Hari demi hari apabila ada orang yang mendekatinya, ia selalu berkata, “Wahai saudaraku, jangan mendekati Muhammad. Beliau orang gila, pembohong dan tukang sihir. Apabila kalian mendekatinya, kalian akan dipengaruhinya.”
Setiap pagi Rasulullah saw mendatanginya dengan membawakan makanan. Tanpa berkata sepatah kata pun, Rasulullah saw menyuapi makanan yang dibawanya kepada pengemis itu, walaupun pengemis itu selalu berpesan agar tidak mendekati orang yang bernama Muhammad. Rasulullah saw melakukannya hingga beliau saw menjelang wafat. Setelah Rasulullah wafat, tidak ada lagi orang yang membawakan makanan setiap pagi kepada pengemis Yahudi buta itu.
Suatu hari Abu Bakar r.a. berkunjung ke rumah anaknya, Aisyah r.a. Beliau bertanya kepada anaknya, “Anakku adakah
sunah kekasihku yang belum aku kerjakan?” Aisyah r.a menjawab, “Wahai ayah engkau adalah seorang ahli sunah hampir tidak ada satu sunah pun yang belum engkau kerjakan, kecuali satu sunah saja.” “Apakah itu?”, tanya Abu Bakar r.a. “Setiap pagi Rasulullah saw selalu pergi ke ujung pasar dengan membawakan makanan untuk seorang pengemis Yahudi buta yang berada di sana.” kata Aisyah r.a.
Ke esokan harinya, Abu Bakar r.a pergi ke pasar dengan membawa makanan untuk diberikannya kepada pengemis Yahudi buta. Abu Bakar r.a mendatangi pengemis dan memberikan makanan kepadanya. Ketika Abu Bakar r.a mulai menyuapinya, si pengemis marah sambil berteriak, “Siapakah kamu?” Abu Bakar r.a menjawab, “Aku orang yang biasa.” “Bukan!, engkau bukan orang yang biasa mendatangiku,” jawab si pengemis buta itu. “Apabila ia datang kepadaku, tidak susah tangan ini memegang dan tidak susah mulut ini mengunyah. Orang yang biasa mendatangiku itu selalu menyuapiku dengan terlebih dahulu menghaluskan makanan tersebut. Setelah itu, beliau berikan kepadaku.” sahut pengemis itu melanjutkan perkataannya.
Abu Bakar r.a tidak dapat menahan air matanya. Beliau menangis sambil berkata kepada pengemis itu, “Aku memang bukan orang yang biasa datang padamu. Aku adalah seorang dari sahabatnya. Orang yang mulia itu telah tiada. Beliau adalah Muhammad Rasulullah saw.”
Mendengar cerita dari Abu Bakar r.a, pengemis pun menangis lalu berkata, “Benarkah demikian?, selama ini aku selalu menghina dan menfitnahnya, beliau tidak pernah memarahiku sedikit pun. Beliau mendatangiku dengan membawa makanan setiap pagi. Beliau begitu mulia.” Akhirnya, pengemis Yahudi buta tersebut bersyahadat di hadapan Abu Bakar r.a.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar